"Free" Writing

Dari judulnya aja udah menentukan apa yang akan kita bahas, yaitu Free Writing. Free Writing teh apa? Nulis bebas?

Yap, Free Writing adalah salah satu teknik menulis yang bertemakan bebas. Ya udah, gitu aja. Tulis bebas apa aja yang pengen ditulis. Mau nulis tentang daily routine, suasana kelas, liburan 4 hari terakhir ini, ya apapun lah bebas.

Tapi rata-rata free writing ini banyak digunakan untuk mencurahkan isi hati, ya semacam diary gitu. Ada juga yang menggunakan free writing ini untuk merepresentasikan imajinasi para penulisnya. Atau bahkan ada juga yang membuat free writing ini untuk sekedar shitpost atau junk.

Buat aku pribadi, free writing ini biasa digunakan untuk mengkombinasikan semua tujuan free writing yang diatas. Bisa dicek di homepage Blog aku. Isinya ada opini, shitpost, poem, fictional tragedy, dan lain-lain. Itu semua aku tulis pake teknik free writing.

Mungkin emang banyak kisah fiksi yang menggunakan teknik free writing. Ya karena dengan menggunakan teknik free writing, si penulis tidak akan merasa dibatasi. Karena yang namanya free writing kan bebas, ga ditentuin apa judulnya atau apa temanya. Ya intinya mah bebas berekspresi.

Kalo pun emang mau curhat, free writing ini bisa menjadi teknik yang tepat untuk menulis. Ga ada batasan apapun dalam free writing. Sebebasnya, sesukanya, semerdekanya. Bahkan, tulisan ini juga bisa dikategorikan sebagai free writing.

Jadi free writing ini apa, sih? Ya ini contohnya. Menulis bebas apa yang ingin ditulis. Simple. Tulisan ini pun ga pake referensi apapun. Cuma menceritakan apa yang ingin dituangkan oleh Si Penulis. Ya namanya juga free writing. Ga ada batasan. Ga dikekang. Ya bebas aja udah.

Jadi ya gitu, free writing adalah menulis bebas. Udah.

Komentar

Posting Komentar